Study Tour Mahasiswa UMKT ke Malaysia Belajar sekaligus Berwisata

BELAJAR sambil jalan-jalan merupakan suatu kegiatan paling menyenangkan. Hal tersebut dilakukan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT). Baru-baru ini, mereka melakukan study tour ke Malaysia.
Di sana mereka mengadakan study tour selama 4 hari. Rombongan yang terdiri dari 99 mahasiswa prodi D-III Keperawatan pada tanggal 28 Januari 2019-01 Februari 2019 dan 83 mahasiswa S-1 Keperawatan pada tanggal 28 April 2019-02 Mei 2019 lalu. Mereka juga mengadakan kunjungan akademik ke Universiti Putra Malaysia (UPM), salah satu kampus terbaik di Malaysia, serta untuk joint workshop bersama UPM.
Kunjungan akademik ini bertujuan memberikan mahasiswa wawasan dari studi dan penelitian yang dicapai di tingkat internasional serta mahasiswa dapat memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang perkembangan keperawatan di Malaysia dan akan termotivasi untuk melanjutkan studi setelah menyelesaikan gelar sarjana mereka. Kunjungan akademik di UPM tersebut meliputi joint workshop, pemaparan mengenai UPM, prestasi, dan fasilitas di kampus tersebut serta UPM membuka peluang kepada UMKT untuk mengadakan kerja sama internasional untuk peningkatan kegiatan kampus baik akademik maupun non akademik. Hal ini sangatlah positif dan bermanfaat bagi kedua belah pihak dalam rangka pengembangan proses internasionalisasi kampus.
Rombongan kloter 1 dan 2 memulai perjalanan di Kuala Lumpur dengan mengunjungi beberapa tempat rekreasi seperti Central Market, KL Tower, KLCC Mall, Petronas Twin Towers, Putra Jaya, Genting Highland, Batu Caves, Sunway Pyramid Mall, dan Bukit Bintang. Dilanjutkan kunjungan akademik ke UPM untuk mengikuti Workshop dalam dua sesi bertema ‘Contemporary Practice of Nursing in The Intensive Care Unit Massaging in Nursing Practice: An Evidence-Based Approach’ dan Interdisciplinary Nursing Practice: Introduction to Rehabilitation Nursing’, serta melihat fasilitas dan sistem pembelajaran pada kampus tersebut sebagai bahan studi banding dalam bidang akademisi.
Kloter 3 dan 4 study tour juga memiliki agenda yang sama dengan kelompok sebelumnya hanya saja berbeda dalam materi workshop di UPM. Workshop yang mereka hadiri terbagi dalam 2 sesi yaitu ‘Air Pollution and Health Effects’ dan ’Occupational Health: Building a Better Workplace’. Dalam kunjungan kali ini terdapat acara Cultural Exchange Event, antara mahasiswa UMKT dan UPM. Acara tersebut adalah acara pertukaran pengalaman dan pementasan budaya lokal dari masing-masing kampus.
Dijelaskan oleh Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerja Sama UMKT, Serly Febriani, study tour dalam negeri sudah diadakan sejak 2005. Namun, study tour ke luar negeri baru dilakukan di Malaysia dan Singapura sejak 2013. Kampus tersebut menjadikan Malaysia dan Singapura sebagai destinasi untuk study tour ke luar negeri.
Serly menyebutkan, kegiatan study tour tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan UMKT. Baik study tour di Indonesia maupun luar negeri dengan pesertanya adalah mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi.
“Tujuan study tour itu untuk membuka wawasan mahasiswa tentang bagaimana sistem pendidikan perguruan tinggi dan budaya belajar dari mahasiswa di negara lain serta menambah pengalaman internasional sekaligus berlibur”, ujar Serly.
Salah seorang mahasiswa, mengaku senang dapat mengikuti study tour ke luar negeri tersebut,karena banyak teman-temannya yang juga baru pertama kali ke luar negeri. Sehingga hal ini sangatlah menarik dan bermanfaat karena selain menambah wawasannya tentang negara yang akan dikunjungi tersebut tentunya juga berkaitan dengan mata kuliah yang diambilnya jadi bisa belajar sambil berwisata.